Kesehatan

Ayo Olahraga! ^^

Inilah beberapa akibat Tidak Olahraga:

Setelah sekian lama ‘libur’ senam karena habis hamil dan melahirkan, akhirnya mulai bulan ini saya akan membiasakan senam lagi. Tadi pagi setelah mengikuti senam aerobik di kantor, badan langsung terasa bugar, ngantuknya hilang dan semangat beraktivitas…yeay…! ^^

Sangat terasa efek dari tidak membiasakan olah raga. Sebelum ini rasanya daya tahan tubuh menurun, mudah masuk angin, mudak pilek, dan sebagainya. Selain itu badan menjadi lebih kaku dan mudah kelelahan serta tubuh pun mulai tak proposional (trutama bagian perut ;p).

Jadi saya  mulai bersemangat untuk olahraga lagi, dari beberapa referensi beberapa manfaat olahraga adalah sebagai berikut:

  • ·         Awet muda

Dalam perbandingan yang dilakukan terhadap pelari dengan orang yang jarang olahraga diketahui bahwa di bawah mikroskop, sel-sel para pelari tersebut terlihat jauh lebih muda dibanding orang yang tak berolahraga.

Orang yang rajin berolahraga memiliki usia telomer 10 tahun lebih muda daripada orang yang tidak berolahraga. Perbedaan telomer ini juga terlihat pada anak kembar yang memiliki tingkat aktivitas fisik berbeda.

  • ·         Lebih sehat

Pada studi yang dilakukan, yakni para atlet berusia sekitar 30 tahun yang rutin berlari sejauh 50 mil setiap minggu, diketahui bahwa mereka memiliki telomer yang panjang.
Tidak mengejutkan pula para atlet tersebut memiliki tekanan darah yang rendah, lemak tubuh lebih sedikit, dan detak jantung lebih stabil. Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association, Circulation.

Dengan sekedar berjalan kaki atau berkebun setiap hari, seseorang sudah bisa menekan risiko kegemukan yang erat kaitannya dengan berbagai masalah kesehatan mulai dari diabetes hingga masalah jantung dan pembuluh darah.

  • ·         Lebih bahagia & bersemangat

Olahraga mirip dengan kegiatan bersenang-senang karena aktivitas fisik yang satu ini membuat tubuh memompa neurotransmiter serotonin yang akan mengembalikan mood. Selain itu juga kadar dopamin dan neropinephrine, keduanya adalah pemicu rasa bahagia alami.

Olahraga juga memiliki efek menenangkan seperti halnya saat kita berendam air hangat.

Sebuah tim penelitian dari Penn State university, di Pennsylvania menyertakan 255 wanita berusia 40-60  tahun yang menjalankan olah raga pada tingkat sedang dan berat.
Hasil itu menunjukan bahwa mereka yang berolahraga memiliki lebih banyak energi dan percaya diri ketimbang mereka yang berlatih dengan menggebu-gebu.

  • ·         Mengurangi Stress

Saat berolahraga pikiran-pikiran yang sifatnya merusak alias self-destructive bisa dialihkan. “Olahraga akan membantu penguasaan diri dan ini sangat penting untuk mencegah perilaku buruk,” kata Keith Johnsgard, PhD penulis buku Conquering Depression and Anxiety through Exercise.

  • ·         Membentuk badan lebih proporsional

Olah raga terbukti mampu menangkal obesitas dan menurunkan berat badan. Dalam penelitian terdahulu, pada ahli dari Medical Research Council di Cambridge mengungkap bahwa pengaruh gen gemuk bisa ditekan seminimal mungkin. Meski secara genetik punya bakat untuk mengalami obesitas, seseorang masih bisa menurunkan berat badan hingga 40 persen dengan olahraga secara teratur.

  •  Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory menunjukkan bahwa seseorang dapat mempelajari kosa kata 20 persen lebih cepat jika mencoba untuk menghafal setelah melakukan latihan fisik yang rutin..
“Olahraga meningkatkan aliran darah, sehingga sangat membutuhkan oksigen dan glukosa sebagai bahan bakar,” kata Sandra Aamodt, PhD.

Source:

disini, disini, disini, dan disini

One thought on “Ayo Olahraga! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
%d bloggers like this: