Islam · Pengingat Diri

Hati-hati dengan kekayaan

Mungkin teman-teman pernah mendengar ada yang berpendapat bahwa kita mesti kaya supaya kuat,  dan mungkin juga pernah ada yang berpandangan ‘rendah’ orang yang hidupnya tidak berkelimpahan, atau orang yang hidupnya pas-pasan seakan mereka orang yang lemah…

dan bahkan banyak yang merendahkan umat islam yang hidupnya banyak tertindas seperti Palestina, Somalia dan bahkan di negara kita sendiri masih banyak yg hidup sangat sederhana. Mengapa umat muslim banyak yang miskin? Mungkin dari sanalah timbul bahwa orang Islam harus kaya, agar kuat dan tidak mudah tertindas…

Pada saat mendengar itu hati saya tak setuju, namun saya belum bisa menguraikannya, sampai suatu magrib saya membaca firman Allah pada surat At taubah (9) ayat 25 sebagai berikut:

25 Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu di waktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlahmu, maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari ke belakang dengan bercerai-berai. (QS. 9:25)

Dengan tafsirnya sbb:

Dalam ayat ini Allah menerangkan bahwa orang-orang mukminin mendapat pertolongan yang banyak dari Allah di dalam peperangan menghadapi kaum musyrikin yang menghalang-halangi tersiarnya agama Islam. Pertolongan itu adalah berupa kemenangan yang sempurna baik cepat maupun lambat, seperti perang Badar yang mendapat kemenangan yang besar, dan perang Hunain yang pada mulanya kalah kemudian menang.

Pada perang Hunain itu kaum Muslimin memiliki tentara yang sangat banyak, sedang orang kafir memiliki tentara dalam jumlah yang lebih kecil dari tentara kaum Muslimin. Dengan jumlah tentara yang banyak itu kaum Muslimin merasa bangga dan merasa tidak akan dapat dikalahkan, tetapi kenyataan tidak demikian kaum Muslimin dipukul mundur oleh orang kafir, seolah-olah tentara yang banyak, harta serta persiapan perang yang demikian lengkapnya tidak berguna sedikit pun sehingga terasa bagi mereka bahwa bumi yang luas ini telah menjadi sempit yang menyebabkan mereka lari ke belakang dalam keadaan bercerai-berai

Tentara kaum Muslimin berjumlah 12.000 orang, sedang tentara orang kafir hanya 4.000 orang saja. Pada peperangan ini kaum Muslimin mengalami kekalahan sampai mundur, tetapi akhirnya turunlah pertolongan Allah dan menanglah kaum Muslimin.

Lewat ayat ini Allah SWT menunjukkan bahwa hanya dengan pertolongan Allahlah umat Muslim menjadi kuat bukan karena harta, kekuasaaan dan jumlah,

Di  ayat Al-Qur’an dan hadist banyak  kita temui bahwa harta adalah cobaan dan fitnah dunia, dan bahkan hal yang dapat melemahkan umat muslim sesuai dengan hadist nabi sbb:

Nabi Muhammad SAW berkata: ”Kamu akan diperebutkan oleh bangsa-bangsa lain sebagaimana orang-orang yang berebut melahap isi mangkok makanan. Para sahabat bertanya, “Apakah saat itu jumlah kami sedikit, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Tidak, bahkan saat itu jumlah kalian banyak sekali tetapi seperti buih air bah (tidak berguna) dan kalian ditimpa penyakit wahan.” Mereka bertanya lagi, “Apa itu penyakit wahan, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Kecintaan yang sangat kepada dunia dan takut mati.” (HR. Abu Dawud)

“Apabila ummatku mengagungkan dunia, maka dicabutlah kehebatan Islam darinya; dan apabila mereka meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar, maka terdindinglah keberkahan wahyu (Al-Qur’an)” (HR. Tirmidzi).

Smoga kita bisa mengambil hikmahnya. Janganlah dunia/harta tujuan kita, tetap luruskan yaitu hanya mengharap ridho dan pertolobnga Allah SWT.

Aamiin

gambar  dari sini

One thought on “Hati-hati dengan kekayaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s