Review

Review Internet Smartfren EVDO Rev A Surabaya, performa menurun (Update 13 03 12)

Sebelumnya saya pernah menggunakan Internet 3 (three) unlimited dan Telkomsel flash unlimited di wilayah saya yaitu ketintang surabaya. Dua-duanya sama mengecewakan, lebih banyak disconnect daripada connectnya, dan juga lemot. Selain itu walaupun harganya murah internet 3 (three) unlimited dan Telkomsel flash unlimited mempunyai quota, dimana setelah kita menggunakan internet melebihi quota tersebut maka kecepatannya akan dibawah normal alias lebih lemot lagi :p hihi…

Dan beberapa lama saya pun sempat vakum langganan internet PC hanya mengandalkan internet Blackberry Indosat yang telah di review disini. Namun tentu saja berinternet menggunakan smartphone mempunyai banyak keterbatasan dibanding berinternet menggunakan PC. Dan lebih kurang sebulan yang lalu saya akhirnya mencoba menggunakan  paket Internet smart fren Modem Smartfren EC1261-2. Stelah tergiur dengan mottonya yang mengutamakan kualitas:  ” I hate slow” dan membaca  review Pak Akhdian di Bogor disini  yang sebelumnya memakai telkom speedy. Walaupun masih ada yang kurang puas sesuai dengan review Pak Jimmy di Bandung disini, yang beralih dari smartfren ke flexi evdo.

Saya membeli di Plaza Marina Surabaya seharga lebih kurang 290 rb (rada nggak ingat udah sebulan yg lalu :p), ketika itu saya tanyakan kepada penjualnya provider internet mana yang bisa direkomendasikan untuk wilayah saya di ketintang surabaya, penjualnya yg juga menjualkan modem internet lain menawarkan paket modem smartfren. Harga terjangkau dan koneksi lumayan katanya…

Selain paket Modem Smartfren EC1261-2 yang seharga 290rb tersebut ada juga paket internet yang lebih murah yaitu seharga 200rb namun ternyata yang 200rb ini lock modem jadi hanya bisa untuk smartfren saja. Sedangkan Modem Smartfren EC1261-2 merupakan unlock modem bisa diganti dengan kartu lain sejenis seperti Flexi Rev A. Mungkin saja suatu saat nanti kualitas smartfren tidak memuaskan lagi maka bisa diganti dengan kartu lain.

Setelah kurang lebih sebulan saya memakainya lumayan memuaskan walapun beberapa kali sempat tidak bisa download file ukuran besar, namun alhamdulillah akhir-akhir ini sudah bisa lagi. Pernah sesekali mengalami disconnect, namun tidak lama mungkin hanya sekitar 5 menit saja, setelah itu lancar.

Saya jarang mengamati angka kecepatan koneksi smartfren ini walaupun katanya bisa sampai 3,1 Mbps, setidaknya dengan kecepatan rata2  300-400kbps di wilayah saya lumayan tidak mengecewakan. Ini kecepatan internet smartfren ketika pagi pada 10 januari 2012 :

Ini speed internet smartfren ketika siang hari sedikit menurun:

Setelah masa gratis bonus paket smartfren habis (sebulan) saya saat ini menggunakan paket internet volume based 30 hari 2GB seharga 50rb, dan karena masih masa bonus pulsa 50% selama 3 bulan maka paket itu dipotong hanya menjadi Rp 25rb. Saya memakai volume based, karena jika volume based ini kecepatannya lebih besar dibanding paket unlimited dan bulan lalu pun saya menggunakan internet tidak sampai 2GB.

Update 17 01 2012:

Setelah saya pakai internet 2GB smartfren ternyata sangat mengecewakan, dalam seminggu quota dan pulsanya (25000) sudah habis, saya heran juga kok cepat habis padahal saya tidak banyak mendownload file besar.Saya juga telah komplain smartfren ke contact customer service dengan email customercare@smartfren.com yang di websitenya ternyata selang satu hari baru dibalas. Begini balasannya:

Sehubungan dengan keluhan yang Ibu kirimkan terkait pemotongan pulsa, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dapat kami informasikan untuk di nomor smartfren 08819655xxx untuk pulsa yang berkurang karena terdapat penggunaan layanan data per tanggal 13 Januari 2012 jam 20:XX WIB terkena tarif normal yang berlaku dikarenakan untuk jumlah kuota 2 GB sudah habis jumlah kuotanya. Kami sarankan Ibu untuk selalu melakukan pengecekan jumlah kuota yang masih dimiliki sebelum melakukan akses datanya. Sebagai informasi tambahan untuk pengecekan jumlah kuota data dari paket atau bonus data yang bersifat kuota dapat dilakukan dengan cara panggilan ke *995 atau ketik: CEK dikirimkan ke 995 melalui sms, mohon dipastikan layanan data internet dalam keadaan terputus (disconnect). Sebagai informasi tambahan untuk biaya tarif reguler sebagai berikut :

 Akses data pada jam 02:00-06:00 akan dikenakan tarif Rp 0,1/Kb

Akses data pada jam 06:00-18:00 akan dikenakan tarif Rp 0,5/Kb

Akses data pada jam 18:00-02:00 akan dikenakan tarif Rp 1/Kb

Apabila Ibu membutuhkan bantuan dan informasi yang lebih detail terkait produk Smartfren, dapat menghubungi kami kembali melalui nomor-nomor di bawah ini:

Nomor Smartfren & Fren                              : 888 (Untuk Pelanggan Paska Bayar tidak dikenakan biaya dan Pelanggan Pra Bayar dikenakan biaya Rp 300,-/telepon)

Nomor lainnya untuk Smartfren & Fren          : 08811223344/021-50100000

Fax, Website, Social Media channels         : 021-31900303, http://www.Smartfren.com , Facebook.com/Smartfren atau Twitter @Smartfrenworld

Akhirnya saya isi pulsa lagi 50.000 dan berhenti langganan smartfren connex 2GB, kemudian ganti dengan paket unlimited 30 hari yang seharga 90.000, karena masih diskon menjadi 45.000, mudah2an lancar sampai sebulan ke depan🙂. Bagaimana kecepatannya? ternyata kecepatannya sama saja dengan volume based ini kecepatan pagi hari (170112):

Ohya sekedar informasi tambahan, kalau membuka situs youtube masih buffering (menunggu loading, tidak langsung play), tapi rekan saya yang menggunakan telkom speedy di area gayung sari tidak mengalami buffering ketika membuka youtube.

Update 13 03 2012

Performa kecepatan smartfren sekarang menurun sangat, mulai ngadat… seperti pada pagi ini kecepatan smartfren hanya 100-200 kbps😦, sangat membutuhkan kesabaran… membuka web saja berkali2 refresh, gara-gara tak kunjung loading…yah beginilah ternyata sama saja dengan provider lain, baru dipakai msi normal, setelah lama mulai berpenyakit lemot :D…

kecepatan smartfren menurun drastis

Untuk informasi pulsanya dapat dilihat disini sedangkan untuk informasi paket modemnya (bonusnya) bisa dilihat disini

10 thoughts on “Review Internet Smartfren EVDO Rev A Surabaya, performa menurun (Update 13 03 12)

  1. modem saya sama seperti anda, tapi diketintang baru ini saya malah susah buat dapetin keceptan download seperti anda. saya harus ke loteng dulu untuk mendapatkan hasil donlot 100 kb/s.
    selain smart fren dan aha kira” apa ya yg cocok untuk wilayah ketintang gan ?
    thx

    1. wah lebih parah ya…? emang kualiotas smartfren skrang sudah menurun…nggak sperti dulu… pake flexi evdo dengan modem yg sama bisa kayaknya

  2. kok kyakna ribet banget ya gan harus registrasi segala……..
    oh ya gan selain smartfren pa lagi ya yang ok koneksinya, q di daerah gubeng jaya………………………………
    coz q ne sebenere mo bli modemna yg 199rb tp liat cerita agan kok jd maju mundur ya………….

  3. smart ke laut aja, habis beli langsung saya geber browsing/donlod dan beberapa hari kemudian drop. Langsung saya buang itu kartu paling bermasalah dan ganti flexy, hasilnya joss ngga suka nipu customer seperti smart. oh iya, rata2 dengan modem gsm saya habis min. 10 Giga/bln.

    bodoh sekali mereka membuang customer seperti saya. Bahkan dengan flexy saya bisa habis 22 Giga/bulan dengan biaya 150 ribu ngga pake ribut.

  4. Wah sama2 di daerah ketintang nich gan.. Saya sudah pake beberapa provider dan hasilnya sama saja.. Tiap ƘåĽ☺ browsing, lambat jaya.. Provider apa ȶƔ媪ª yg bisa di sekitar ketintang.. sudah beberapa kali ganti provider, tetep aja sama..

Leave a Reply

