Kesehatan · Parenting · Review

Ruang Pompa ASI di PT Pembangkitan Jawa Bali, Keren! ^^ (Update ruang Laktasi PLN Pusat)

Jauh berabad-abad yang lalu sebelum WHO menganjurkan ASI ekslusif dan menyusui hingga dua tahun, Al Qur’an telah memerintahkan untuk para ibu menyusui hingga dua tahun… Inilah salah satu mukjizat Al Qur’an🙂, sudah diperintahkan oleh Allah swt, sebelum ada penelitian yang membuktikannya….

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233)

”Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Q.S. Luqman :14)

Alhamdulillah sekarang sudah ada ruang pompa asi di kantor, sesuai dengan himbauan walikota surabaya untuk menyediakan ruang laktasi di perusahaan, dan inilah penampakannya… ^^

Fasilitas : kulkas, 2 wastafel, rak pengering, cermin, box bayi, sofa, dispenser, tisu, tempat pengganti popok …

ini sekat ketika pintu dibuka, jadi yang mompa nggak kelihatan langsung🙂

Yah alhamdulillah, ini sudah sangat mencukupi sebagai ruang laktasi di kantor, walau jika masih bisa menerima usulan maka saya akan mengusulkan di tambah karpet, karena yg memompa di kantor lumayan banyak, tidak mencukupikalau hanya di kursi…🙂

Update 28 Maret 2012:

Ada permintaan dari teman saya untuk sharing foto ruang laktasi kantor lain, kebetulan yg saya kunjungi baru ruang laktasi PLN Pusat ketika dinas ke sana. lainnya hanya ruang laktasi bandara dan mall yang masih belum layak menurut saya. Ruang laktasi PLN sudah ada jauh sebelum ruang laktasi kantor saya, dan interiornya juga sudah bagus, walaupun belum selengkap di PJB. Fasilitasnya diantaranya adalah, kulkas, sofa, kursi, colokan listrik, karpet, boks bayi… begini penampakannya…:

dan sekarang di PLN semakin berkembang juga sudah disediakan ruang asuh bayi yang tambah lengkap fasilitasnya, bisa dibaca langsung disini.

begini kutipannya:

Ruang Asuh Bayi (ke depan) akan dikepalai seorang Kepala Suster, dan beberapa baby sitter, sehingga pegawai tidak perlu lagi membawa pengasuh (baby sitter) masing-masing. Ruang Asuh Bayi dibuka sejak pukul 06.00 s.d. 18.00 setiap hari kerja, dengan fasilitas antara lain; tempat tidur bayi dan tempat ganti popok bayi, tempat sterilisasi susu, meja makan balita, tempat bermain, mainan anak-anak, buku-buku dan sebagainya.

keren ya?🙂 cuma saya blum pernah ksana jadi blm ada gambarnya🙂

5 thoughts on “Ruang Pompa ASI di PT Pembangkitan Jawa Bali, Keren! ^^ (Update ruang Laktasi PLN Pusat)

  1. iya mba…kita sih udah minta dan ngasih proposalnya skitar setahun yg lalu tp nggak terealisasi dibilang ngga ada ruang :p…
    alhamdulillah bbrp waktu lalu ada nota dinas (OA) bahwa disediakan ruang laktasi..ternyata karena ada himbauan walikota dan perda nya… hihi…

  2. Mba, dulu waktu mengajukan ruang laktasinya desain sendiri sama temen2 Pusat apa menggunakan jasa desainer? Ni MKR mau mengajukan supaya ngga lesehan lagi dan lebih nyaman meski kecil ruangannya, kalo ngga salah mba Rina pernah ngerasain jg ruang laktasi sini😀

    1. Kalau yang ini desain nya pake jasa interior designer… dulu kita ketika proposal tidak mengajukan desain ruang, hanya fasilitas aja… boleh tuh di copy fotonya untuk usulan penyediaan ruang laktasi disana🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s